Ternyata konsentrasi juga tergantung dari kegiatan yang kita lakukan . untuk meningkatkan konsentrasi , lakukan beberapa kegiatan mudah seperti dibawah ini :

  • KENDALIKAN RASA STRESS DALAM PIKIRAN ANDA
    Setiap orang memiliki tingkat stress yang berbeda. Dan Anda seharusnya dapat mengendalikan stress yang menghinggapi hidup Anda. Stress yang berlebihan, dapat mengganggu daya ingat Anda. Salah satu caranya dengan senantiasa menyikapi berbagai permasalahan yang masuk dalam hidup Anda. Hadapi ia dengan bijak, dan Anda akan terbebas dari stress yang mengganggu pikiran Anda. Sehingga daya ingat Anda tidak akan banyak terpengaruh oleh setiap permasalahan yang muncul.

     
  • TIDUR
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup bisa memulihkan sel-sel tubuh dan membantu proses perbaikan sel-sel otak. Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Eric Eide dan Mark Showalter dari Brigham Young University (BYU), ternyata ada hubungan antara waktu tidur terhadap 1.724 siswa sekolah, ditemukan bahwa tidur 7 jam sehari bisa member manfaat lebih baik dalam proses belajar.
  • MAIN VIDEO GAMES
    Banyak yang berpikir bahwa video games itu berdampak negative. Padahal kalau bermain dengan porsi yang pas, video games justru berdampak positif. Ini terbukti dalam riset yang dipimpin oleh Rolf Nelson, dosen di Wheaton College. Amerika Serikat yang melibatkan 20 anak untuk bermain video games selama 1 jam. Hasilnya, anak yang bermain video games jenis petualangan meningkat kecepatan berpikirnya. Sedangkan bermain video games jenis teka-teki meningkatkan akurasi berpikir. Soalnya, waktu bermain, kita butuh kecepatan , focus, dan pergerakan motorik dalam waktu bersamaan
     
  • MENJAHIT Perlu kalian sadari menjahit adalah kegiatan yang simple walaupun rumit. namun karena kerumitan itulah yang membuat menjahit dapat lebih menambah daya konsentrasi otak kita. karna dibutuhkan ketelitian dan konsentrasi tinggi untuk memasukkan benang ke jarum atau menggunting kain dan lain-lain. 
  • KUNYAH PERMEN KARET
    Penelitian yang dipimpin ProF. Serge Onyper di St. Lawrence University, Amerika Serikat menyatakan bahwa mengunyah permen karet dapat memacu kinerja otak dan meningkatkan proses berpikir dalam pembentukan memori. Dalam riset ini, sejumlah siswa diminta untuk mengunyah permen karet selama 5 menit sebelum ujian . hasilnya, siswa yang mengunyah permen karet dapat menjawab ujian lebih cepat daripada siswa yang tidak mengunyah permen karet sebelum tes.
    DENGARKAN MUSIK KLASIK : Ada hubungan yang menarik antara music dan kecerdasan manusia. Dalam buku berjudul Efek Mozart yang merangkum hasil penelitian Don Campbell dan Dr. Alfred Tomatis disebutkan bahwa music klasik terbukti bisa meningkatkan fungsi otak dan intelektual manusia secara optimal.
  • JANGAN BERHENTI UNTUK TERUS BELAJAR DAN MENGASAH KEMAMPUAN OTAK
    Jika Anda merasa daya ingat Anda semakin melemah, Anda dapat mempertajam kembali dengan cara membiasakan diri belajar. Dalam kegiatan belajar ini Anda bisa mengikuti perkuliahan, seminar, kursus bahasa, atau kegiatan belajar lainnya yang sifatnya mengasah otak Anda untuk mempertajam daya ingat Anda. Anda juga bisa melakukan dengan cara-cara sederhana seperti mengingat nomor telepon keluarga, teman atau nomor-nomor penting lainnya. Atau Anda juga bisa mengingat berbagai password yang Anda miliki.
  • HENDAKNYA BERUSAHA MENINGKATKAN DAN MEMFOKUSKAN PIKIRAN
    Cobalah Anda menyempatkan diri untuk memfokuskan pikiran Anda serta melatih konsentrasi Anda dalam kesendirian. Ingat kembali berbagai peristiwa hidup Anda, berbagai hal yang harus disiapkan baik di rumah, kantor atau sekolahan. Atau bisa juga dengan mengingat berbagai benda yang Anda simpan. Dengan seringnya melatih konsentrasi dan memfokuskan pikiran, tentunya hal ini akan kembali menyegarkan daya ingat Anda.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

My Posting in Blog

.

Blogger Template by Blogcrowds.