Tak hanya kegiatan-kegiatan saja yang dapat mempengaruhi konsentrasi otak, makanan pun juga berpengaruh. Dan berikut ini adalah makanan yang dapat meningkatkan daya konsentrasi otak;


1.     Vitamin, mineral dan suplemenBanyak yang menawarkan suplemen yang diklaim dapat meningkatkan kesehatan. Meskipun sejumlah laporan bahwa suplemen seperti vitamin B, C, E, beta-carotene dan magnesium menjanjikan pada fungsi otak, namun suplemen tersebut hanya berguna pada orang yang makanan sehari-harinya kekurangan nutrien tertentu. Para peneliti menyikapi dengan hati-hati mengenai ginseng, ginkgo, vitamini, mineral, dan kombinasi herbal dan dampaknya terhadap otak 

2.     Kafein membuat Anda lebih awas
Tidak ada peluru ajaib untuk meningkatkan IQ Anda menjadi lebih cerdas, namun substansi tertentu seperti kafein, dapat meningkatkan energi dan membantu Anda fokus dan berkonsentrasi. Kafein ditemukan pada kopi, cekelat, minuman energi dan beberapa obat. Komponen ini dipercaya dapat membuat Anda tetap terjaga, awas walaupun dalam jangka pendek. Namun wajib diingat, kelebihan kafein bisa membuat Anda gelisah dan merasa tidak nyaman.

3.     Gula bisa tingkatkan kewaspadaan
Gula di otak berfungsi sebagai sumber energi, yaitu glukosa, yang dimetabolisme dari gula dan karbohidrat yang Anda konsumsi. Inilah mengapa segelas minuman manis dapat memberikan peningkatan daya ingat, proses berpikir dan kemampuan mental dalam jangka pendek. Namun demikian mengonsumsi terlalu banyak gula malah bisa berefek sebaliknya terhadap daya ingat. Jadi bijaklah mengonsumsi gula.

4.     Sarapan sebagai bahan bakar otak
Anda cenderung melewatkan sarapan? Sejumlah studi menemukan bahwa sarapan dapat memperbaiki perhatian dan daya ingat jangka pendek. Para siswa yang terbiasa sarapan umumnya berkinerja lebih baik dibandingkan mereka yang tidak makan pagi.  Makanan yang menjadi bahan bakar otak berdasar hasil penelitian adalah gandum berserat tinggi, susu dan buah-buahan. Namun jangan sarapan berlebihan. Pasalnya para peneliti menemukan bahwa makan pagi berkalori tinggi  tampaknya malah memecah konsentrasi, membuat Anda mengantuk. 

5.     Konsumsi kacang dan cokelat setiap hari
Kacang dan biji-bijian merupakan sumber vitamin E dan antioksidan yang kaya, yang dihubungkan dengan penurunan kemampuan berpikir seiring pertambahan usia. Dark chocolate juga merupakan sumber antioksidan yang kaya. Cokelat ini juga mengandung stimulan alami seperti kafein, yang meningkatkan konsentrasi dan membuat Anda tetap fokus. Konsumsi setidaknya 1 ons kacang dan cokelat tanpa gula setiap hari tanpa tambahan kalori, lemak atau gula.

6.     Ikan membuat pintar
Sumber protein yang dikaitkan dengan kemampuan otak adalah ikan yang kaya asam lemak omega 3, penting untuk fungsi dan perkembangan otak.  Lemak sehat ini memiliki kemampuan yang mengagumkan pada otak: Konsumsi asam lemak omega tiga dikaitkan dengan penurunan demensia (pikun) dan risiko stroke, memperlambat penurunan mental dan memainkan peran kunci dalam menambah memori, khususnya saat beranjak menua. Untuk kesehatan otak dan jantung, pastikan anda konsumsi dua porsi ikan setiap minggu.

7.     Makanlah alpukat dan gandum utuh
Setiap organ tubuh bergantung pada aliran darah, khususnya jantung dan otak. Konsumsi makanan berserat tinggi, misalnya gandum utuh,  dan buah seperti alpukat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).  Hal ini mengurangi risiko terbentuknya plak dan meningkatkan aliran darah, memberikan ‘bahan bakar’ untuk sel-sel otak.  Gandum utuh juga memberikan asupan serat yang tinggi serta vitamin E. Meskipun alpukat mengandung lemak, namun itu lemak baik (HDL) berupa lemak tidak jenuh tunggal yang berkontribusi pada lancarnya aliran darah.

8.      Blueberri sangat bergizi
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberri dapat membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit terkait usia, misalnya penyakit Alzheimer's dan dementia (pikun). Sejumlah studi juga menunjukkan bahwa diet yang kaya blueberri secara bermakna memperbaiki kapasitas belajar dan kterampilan motorik pada tikus tua, membuat mental binatang ini setara dengan tikus yang lebih muda

9.     Berhati-hatilah dengan Suplemen penambah daya ingat.Saat ini banyak sekali suplemen penambah daya ingat yang beredar, namun apakah Anda yakin dengan semua promosi perusahaan-perusahaa pembuat supleman tersebut yang mengklaim dengan produk suplemennya dapat menambah daya ingat Anda? Dalam hal ini, para ilmuwan tidak secara bulat menegaskan tentang hal ini. Sehingga Anda harus mengkaji ulang dengan cara seperti ini, tentunya dengan berkinsultasi dengan dokter Anda.

10.Ubi jalar. Makanan kaya karbohidrat dan antioksidan lain adalah ubi jalar. Ubi jalar mengandung dosis karbohidrat yang sehat tanpa menyebabkan peningkatan gula darah. 

11.Cukup tidur dan olahragakembali lagi, jika Ingin meningkatkan kemampuan otak dan memperbaiki konsentrasi. Mulailah dengan minum 100% jus buah-buahan, roti gandum dengan salmon dan secangkir kopi. Selain konsumsi makanan seimbang, para pakar juga menyarankan tidur cukup, cukup minum, olahraga untuk memperkuat kemampuan otak dan meditasi.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

My Posting in Blog

.

Blogger Template by Blogcrowds.